Kamis, 25 Maret 2010

Konsep ?????


Hmmm, "Konsep-nya Apa?Tema-nya Apa?".
Saat di masa sekolah arsitektur,pertanyaan itulah yang paling sering saya dapatkan.
(saya yakin semua mahasiswa arsitektur pasti mengalami dan memahami).
Ya, "konsep" itulah yang paling penting bagi seorang arsitek dalam memulai desain (ato paling tidak itulah yang diajarkan kepada para arsitek).
Namun saat memasuki dunia nyata ternyata begitu berbeda. Konsep kita sangat dipengaruhi oleh klien (hampir semua teman arsitek saya sependapat), oleh pandangan mereka tentang arsitektur dan prinsip - prinsip arsitektur yang mereka pahami.
Terkadang kita harus berusaha keras untuk menyakinkan dan memahamkan tentang kepada para klien tentang "konsep desain kita". Karena Tema dan Konsep adalah jiwa dari sebuah desain arsitektur dimana dia pasti berbeda antara desain satu dengan laennya.Berusaha keras untuk memahamkan prinsip - prinsip arsitektural terhadap sebuah desain (baca kepada setiap klien) agar terwujud sebuah arsitektur yang benar - benar arsitektur.
HMmm, tapi pada kenyataannya tetap saja pada akhirnya kita ambil jalan tengah.Yakni tetap menggunakan Konsep yang diberikan klien dan menyatukannya dengan kaidah Tema dan Konsep kita. Dimana pada akhirnya beberapa cenderung menjadi "Ekletik" (hampir semua teman arsitek saya mengamini kesimpulan ini).
Seperti salah satu desain saya ini,yang berada di Villa Royal C2-20, Pakuwon City ini, yang akan segera dibangun.Cukup lama menggabungkan dan menyelaraskan konsep sya dengan konsep klien saya. Dan akhirnya boleh dibilang agak ekletik.

0 komentar: